Tips Mengatasi Balita Susah Makan

4 January 2018
January 4, 2018

Masalah anak balita susah makan memang sering terjadi pada siapa saja. Kita sebagai orang tua kadang merasa bingung haus seperti apa cara menerapkan pola makan dan menu yang balita sukai. Kadang sebagai orang tua juga sampai habis pikir mengapa anak kita susah sekali makan. Sudah dicoba menu ini, mencoba menu itu, tapi ternyata anak kita tidak mau makan juga. Ujung-ujungnya kita merasa jengkel karena sudah bersusah payah membuat menu tetapi makanan masih utuh. Bahkan kadang gara-gara anak kita tidak mau makan, mood kita juga jadi berkurang.

Setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak tercinta. Usia balita merupakan usia emas, dimana pada usia tersebut merupakan saatnya pertumbuhan anak yang membutuhkan asupan dan nutrisi yang baik.

Tips Mengatasi Balita Susah Makan

Namun jika balita susah makan, tentu kita merasa khawatir kalau nanti kebutuhan gizi anak kita kurang terpenuhi. Sehingga banyak orang tua yang mencari informasi penyebab balita susah makan. Biasanya anak balita susah makan karena ada sebabnya, misalnya sedang tumbuh gigi, sedang turun nafsu makan atau karena bosan dengan menunya. Secara garis besar, hal ini dipengaruhi oleh sebab fisik dan psikis.

Baca Juga :

Resep Masakan Untuk Balita Usia 2 Tahun

Obat Batuk Alami Untuk Anak Balita 1 , 2 dan 3 Tahun

Obat Batuk Kering dan Gatal Untuk Anak 1 dan 2 Tahun


Setelah kita mendapatkan informasi penyebab susah makan, kadang muncul semangat baru. Kita bisa menemukan ide baru untuk mengatasi anak susah makan. Biasanya orang tua juga menerapkan cara mengatasi balita susah makan makan dari berbagai sumber maupun konsultan.

Banyak orang tua yang berharap cara tersebut bisa membangkitkan selera makan anak. Cara tersebut misalnya dengan membuat menu baru, menu spesial ataupun memberi multivitamin untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu, banyak cara lain yang mereka dapatkan, tujuannya supaya anak mau makan meskipun sedikit demi sedikit.

Beberapa cara yang sering didapatkan untuk mengatasi susah makan didominasi oleh cara baru menggunakan resep menu balita susah makan. Banyak orangtua yang sering menerapkan menu monoton. Misalnya pada anak usia 2 tahun, sudah mulai dibiasakan dengan jenis makanan yang bertekstur lebih keras dibanding bubur bayi. Tetapi orang tua tersebut masih menggunakan menu bubur bayi.

Tentu hal ini akan menjadikan anak tersebut bosan, maka Anda bisa membuat menu baru seperti di atas. Cara lainnya adalah dengan mengenalkan jenis sayur atau lauk yang baru bagi Balita Anda. Tips untuk membuat resep makanan anak balita sebaiknya jangan menggunakan jenis bumbu instan. Gunakan bahan alami yang lebih sehat.

Cara lain untuk anak balita susah makan adalah dengan mengatur pola makan. Perkembangan anak balita sangat berpengaruh terhadap kebiasaan di kemudian hari sampai dewasa. Maka perkenalkan kepada anak kita pola makan yang teratur, misalnya tertib mengatur jam makan selama 3 kali sehari.

Selain itu, ajarkan untuk mengurangi jenis makan manis atau jajanan anak, terutama saat menjelang jam makan. Sebab rasa manis akan memberikan efek rangsang rasa kenyang, sehingga anak kita tidak mau makan karena kenyang. Dan, cobalah menu dengan sajian yang lebih menarik, misalnya nasi yang dicetak menyerupai wajah tokoh kartun, telur dadar yang disajikan lebih menarik dan lainnya.

Tips terakhir adalah jika Anak balita Anda susah makan, jangan paksakan anak Anda makan dalam porsi besar. Kenalkan jenis makan baru dengan cara sedikit demi sedikit. Menggunakan suapan yang kecil, ketika anak merasa masakan tersebut enak dan baru, tentu Anda akan lahap nantinya. Serta jangan lupa biasakan mengkonsumsi buah, bisa dengan dimakan segar ataupun dibuat jus buah. Dengan demikian kebutuhan gizi anak semakin lengkap dan keluhan balita susah makan tentu tidak akan muncul lagi.

Related to: Tips Mengatasi Balita Susah Makan