Penyebab Penyakit Jantung Bengkak dan Gejalanya

28 October 2015
October 28, 2015

Pola makan dan hidup yang tidak teratur kerapkali membawa banyak pengaruh buruk, tidak hanya pada kehidupan kita namun juga pada kesehatan badan kita, bila gaya hidup tidak sehat terus dilakukan selama bertahun-tahun tidak menutup kemungkinan jika organ di dalam tubuh Anda masih berfungsi dengan baik atau masih berada dalam kondisi yang sehat.

Tanpa kita sadari, kerapkali penyakit datang tiba-tiba, padahal tahukah Anda jika bibit-bibit penyakitnya telah lama tumbuh dan semakin lama semakin berkembang disebabkan oleh ketidakteraturan hidup kita.

Salah satu organ vital tubuh yang seringkali mengalami kerusakan akibat dari gaya hidup yang tidak sehat adalah jantung. Banyak sekali orang yang didiagnosa mengalami jantung bengkak yang tentunya sangat berbahay. Selengkapnya mengenai penyakit jantung bengkak simak di bawah ini:

Penyebab Bengkaknya Jantung dan Gejalanya

penyakit-jantung-bengkak-gejala

Mengapa jantung bengkak?

Dalam istilah kedokteran, jantung bengkak biasa disebut sebagai Krdiomegali (Cadiomegaly) yakni suatu pembengkakan jantung yang mana membuat ukuran jantung melebihi ukuran jantung normal, mereka yang melakukan ronsen di bagian dada akan mengetahui jika dirinya mengalami jantung bengkak atau tidak.

Lantas apa saja penyebab jantung bengkak dan gejalanya? Jantung bengkak muncul akibat dari respons pada kerusakan di otot jantung. Setidaknya terdapat 2 jenis masalah yang menyebabkan seseorang mengalami jantung bengkak, seperti jantung bengkak karena faktor melonggarnya otot jantung yang mana membuat volume bilik jantung menjadi beberapa kali lebih besar, biasa disebut sebagai kardiomegali dilatasi dan kedua, jantung bengkak terjadi karena penebalan di otot jantung yang biasa disebut hipertrofi.

Sakit Jantung Bengkak pada Manusia

Nyeri di dada


Setelah memahami dengan baik apa penyebab sakit jantung bengkak, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memahami berbagai gejala dari penyakit ini, seperti nyeri di dada.

Rasa nyeri yang terjadi di dada bisa jadi merupakan gejala awal dari jantung bengkak, karena jantung manusia memang berada di area dada, lebih tepatnya rongga dada sebelah kiri, sehingga ketika kondisi jantung Anda sedang kurang baik, Anda akan menyentuh bagian dada untuk menekan rasa sakitnya atau merasakan rasa sakitnya.

Jika rasa nyeri yang Anda alami selama ini sering timbul tenggelam namun semakin lama frekuensinya semakin naik, maka segera periksakan kondisi kesehatan jantung Anda sebelum terlambat.

Berat badan bertambah

Dan salah satu penyebab bengkaknya jantung yang sulit sekali dideteksi dan terpikirkan oleh manusia adalah bertambahkan berat badan, karena berat badan yang bertambah merupakan hal yang wajar, apalagi jika nafsu makan Anda sedang berada dalam kondisi yang sangat baik, namun waspadalah jika berat badan Anda terus bertambah padahal Anda sedang melakukan program diet atau mengalami nafsu makan yang menurun karena bisa jadi pertambahan berat badan yang Anda alami merupakan gejala awal dari jantung yang mengalami pembengkakan.

Sesak nafas

Mengetahui apa saja penyebab jantung bengkak dan pengobatannya akan membuat kita lebih berhati-hati dan menyanyangi tubuh kita, karena bila kita sudah sakit, yang bisa kita lakukan hanya berusaha untuk mengobati penyakit tersebut, sedangkan beberapa penyakit tidak memiliki obat, seperti penyakit kanker dan AIDS.

Berbicara kembali mengenai jantung bengkak, tahukah Anda jika sesak nafas merupakan salah satu gejala seseorang menderita penyakit ini?. Anda yang mengalami sesak nafas namun tidak memiliki riwayat penyakit asma patut mencurigainya, agar tidak terjadi hal yang buruk segera periksakan diri ke dokter.

Penyakit jantung bengkak tidak akan bisa Anda hindari jika gaya hidup tidak sehat tidak segera Anda tinggalkan, agar terhindar dari penyakit ini, pastikan untuk hidup sehat dan periksakan selalu kondisi jantung Anda.

Tags: , , , , , , , ,

Related to: Penyebab Penyakit Jantung Bengkak dan Gejalanya