Penyebab Kanker Rahim dan Gejalanya Pada Wanita

3 November 2015
November 3, 2015

Wanita diberikan oleh Tuhan sebuah rahim yang baik dan sehat untuk dapat menghasilkan keturunan yang baik, akan tetapi bila kesehatan rahim tidak dijaga dengan sebaik mungkin, tidak menutup kemungkinan rahim akan mudah terserang penyakit, termasuk penyakit yang berbahaya seperti kanker rahim.

Merawat kesehatan tubuh dan rahim harus dilakukan wanita sejak dini, karena mencegah jauh lebih dianjurkan daripada mengobati. Maka dari itu, ketahui dan waspadai beberapa penyebab kanker rahim berikut ini:

Penyebab dan Gejala Kanker Rahim

Pertumbuhan berlebihan pada endometrium

penyebab-kanker-rahim-pada-wanita

Dari banyaknya jenis kanker yang berisiko tinggi menyerang wanita, kanker rahim yang paling rentan dan salah satu penyebab kanker rahim pada wanita yang seringkali tidak diketahui oleh para wanita penderita kanker rahim adalah adanya pertumbuhan berlebihan yang terjadi pada endometrium, pertumbuhan yang terjadi secara tidan normal di bagian endometrium, biasa juga disebut sebagai hyperplasia, memang bukan mutlak penyebab kanker pada rahim.

Namun terkadang, kondisi ini dapat mengembangkan pertumbuhan sel-sel kanker di rahim, gejalanya bisa dilihat dari periode menstruasi yang berat, pendarahan yang terjadi di antara siklus menstruasi serta pendarahan yang terjadi pasca menopause.

Hyperplasia ini seringkali terjadi pada wanita yang berusia 40 tahun keatas, dan untuk mencegah terjadinya kanker rahim akibat dari endometrial hyperplasia, para dokter menyarankan pasien mereka untuk melakukan operasi pengangkatan rahim/histerektomi maupun terapi hormon progesterone serta pengecekan rutin.

Obesitas


Obesitas juga bisa menjadi salah satu penyebab kanker rahim dan gejalanya sangatlah beragam. Untuk masalah kelebihan berat badan ini sangat bergantung pada berat badan wanita itu sendiri, jika berat badannya memang sudah overweight, sudah tidak sehat, sangat rentan terkena kanker rahim karena lemak di tubuh yang berlebihan dapat mengambil ruang kosong yang seharusnya untuk tumbuh dan kembang bayi, lemak juga mempersempit ruang rahim.

Agar terhindar dari risiko kanker rahim dan risiko sulit hamil, maka turunkan berat badan Anda dengan mengaplikasikan cara menurunkan berat badan yang sehat dan dianjurkan oleh dokter.

Pencegahan Penyakit Kanker Rahim Sejak Dini

Tidak pernah hamil

Penyebab kanker rahim dan pencegahannya yang dilakukan sejak dini akan membantu para wanita yang rentan terhindar dari penyakit mematikan ini. Tahukah Anda, jika salah satu penyebab mengapa wanita sampai terkena penyakit kanker rahim adalah karena tidak pernah hamil dan memiliki anak, para wanita yang memiliki masalah ketidaksuburan atau susah memiliki anak dalam kandungannya.

Rentan sekali untuk mengembangkan sel kanker dalam rahimnya karena sejak awal memang ada yang tidak normal dengan organ kewanitaannya. Agar terhindari dari kanker rahim, maka setidaknya rencanakan untuk memiliki 1-2 anak setelah menikah, dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk pemeriksaan kesehatan organ kewanitaan Anda.

Konsumsi obat-obatan

Mengkonsumsi tamoxifen juga pernah melakukan terapi radiasi pada panggul dan mengkonsumsi hormon estrogen bisa menjadi penyebab tumbuh dan berkembangnya kanker pada rahim. Risiko kanker rahim jauh lebih tinggi pada para wanita yang seringkali mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki kandungan estrogen tanpa progesterone, biasanya konsumsi obat-obatan ini dilakukan karena terapi hormon menopause yang dilakukan selama bertahun-tahun. Sangat disarankan untuk rutin melakukan medical checkup, bila mana Anda sering melakukan terapi ini dan mengkonsumsi obat-obatannya.

Kanker rahim bisa terjadi pada siapa saja, para wanita di dunia termasuk wanita Indonesia, hindari dan cegah kanker rahim dengan mengenal 4 penyebab kanker rahim yang sudah disebutkan dan dijelaskan secara singkat sebelumnya.

Tags: , , , , , ,

Related to: Penyebab Kanker Rahim dan Gejalanya Pada Wanita