Penyebab Gejala Penyakit Kanker Darah pada Anak dan Orang Dewasa

1 March 2016
March 1, 2016

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang masa pertumbuhan dan perkembangannya terjadi secara diam-diam, oleh karena itu, tidak sedikit penderita penyakit kanker yang baru pergi berobat ketika sel-sel kanker sudah menyebar ke organ tubuh di sekitarnya, indikasi jika penyakit kanker sudah cukup parah dan harus segera ditangani agar tidak makin parah dan mengkhawatirkan.

Salah satu penyakit kanker yang hingga kini menjadi momok paling menakutkan baik bagi orang dewasa maupun anak-anak adalah penyakit kanker darah. Penyakit kanker darah bisa disebabkan karena beberapa faktor dan inilah beberapa penyebab kanker darah:

Penyebab Penyakit Kanker Darah pada Anak

Perawatan kanker

Salah satu penyebab penyakit kanker darah adalah perawatan kanker yang sebelumnya telah dilakukan oleh penderita kanker dengan jenis kanker yang berbeda. Mereka yang pernah mengalami dan juga menjalani perawatan kanker, entah itu kemoterapi maupun radiasi karena penyakit kanker lainnya berisiko cukup tinggi untuk terserang penyakit leukemia.

Kelainan gen

penyebab-gejala-kanker-darah-anak-dewasa

Penyebab kanker darah pada anak adalah adanya kelainan genetika. Gen yang tidak normal bisa berperan cukup penting dalam meningkatkan risiko penyakit leukemia, gangguan gen tersebut bisa dialami pada anak yang menderita sindrom down, maka dari itu, jika Anda memiliki anak yang mengalami sindrom down, maka Anda harus ekstra merawat dan memerhatikannya karena kemungkinan besar anak mengalami penyakit leukemia sangat tinggi.


Gejala Kanker Darah pada Anak dan Orang Dewasa

Kelainan darah

Ada banyak gejala kanker darah pada anak mulai dari gejala yang paling ringan seperti demam, menggigil, sering merasa lelah, lesu dan berat badan yang menyusut drastis. Gejala penyakit leukemia stadium awal memang lebih seperti penyakit biasa yang ringan dan tidak berbahaya, dan tahukah Anda jika salah satu penyebab penyakit kanker darah adalah kelainan darah, jika Anda pernah melakukan medical check up pada anak dan ternyata ditemukan indikasi ada kelainan pada darahnya, maka itu bisa menjadi indikasi jika anak Anda menderita penyakit leukemia.

Senyawa kimia

Beberapa gejala kanker darah pada orang dewasa bersifat ringan sehingga tidak sedikit orang dewasa yang menganggap gejala itu sebagai gejala penyakit ringan yang tidak terlalu membutuhkan perhatian sehingga penyakit leukemia yang diderita oleh orang dewasa biasanya mereka ketahui setelah mereka menderita penyakit leukemia stadium lanjutan atau stadium akhir.

Penyebab lainnya penyakit kanker darah adalah senyawa kimia, selain terpancar dari radiasi, paparan senyawa kimia bisa ditemukan di dalam bahan bakar yang seringkali digunakan di industri kimia dan senyawa kimia inilah yang meningkatkan risiko penyakit leukemia.

Merokok

Selain dapat memicu penyakit kanker paru-paru, siapa yang mengira jika merokok juga bisa menyebabkan penyakit kanker darah. Jadi bila saat ini Anda masih saja merokok setiap harinya dengan intensitas yang tinggi maka kemungkinan besar untuk mengalami penyakit leukemia sama besarnya dengan penyakit kanker paru-paru.

Sejarah keluarga

Dan jika ada salah satu anggota keluarga Anda yang pernah menderita penyakit kanker darah, maka Anda bisa memiliki risiko besar untuk menderita penyakit yang sama seperti anggota keluarga Anda tersebut. Dan bila Anda sudah memahami dengan baik fakta ini, maka usahakan untuk hidup dengan lebih baik agar Anda terhindar dari penyakit kanker darah yang berbahaya ini.

Selain karena pertumbuhan sel darah putih yang tidak terkontrol di dalam tubuh kita, ternyata ada beberapa penyebab kanker darah lainnya yang bisa memicu pertumbuhan dan juga perkembangan sel-sel kanker darah.

Related to: Penyebab Gejala Penyakit Kanker Darah pada Anak dan Orang Dewasa