Pengertian Anemia Aplastik dan Pernisiosa Menurut para Ahli

24 February 2016
February 24, 2016

Anemia merupakan kekurangan darah, kondisi dimana jumlah sel darah merah maupun jumlah hemoglobin di dalam sel darah merah ada di bawah batas normal. Eritrosit atau sel darah merah memiliki kandungan heomoglobin yang sangat memungkinkan mereka untuk membawa oksigen dari jantung, yang didapatkan dari paru-paru lantas mengantarkannya langsung ke seluruh bagian-bagian tubuh.

Pengertian anemia itu banyak sekali, tergantung dari jenis anemia yang diderita bahkan beberapa ahli juga turut serta mengartikan anemia ke bahasa medis maupun bahasa sederhana. Berikut ini penjelasan menarik seputar definisi anemia:

Pengertian Anemia pada Ibu Hamil dan Aplastik

Anemia pada ibu hamil

Anemia yang terjadi pada wanita dewasa saja sudah sangat berbahaya apalagi jika ada janin di dalam rahimnya, tingkatan berbahaya naik beberapa tingkat, penyebab, pengertian anemia pada ibu hamil, gejala serta pencegahan harus dilakukan sejak dini atau sejak ibu hamil mengetahui jika dirinya mengalami anemia.

Salah satu penyebab anemia pada ibu hamil antara lain karena pola makan yang tidak teratur akibat dari morning sickness dan kurangnya nafsu makan, kebutuhan zat besi yang mengalami peningkatan seiring pertumbuhan janin namun karena kurangnya nafsu makan membuat kebutuhan tersebut tidak bisa dipenuhi dengan baik, rendahnya cadangan zat besi akibat dari menstruasi maupun proses persalinan yang terjadi sebelumnya.

Bila ibu hamil mengalami anemia, usahakan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi yang dapat meningkatkan sel darah merah.

Anemia aplastik

pengertian-anemia-aplastik-pernisiosa

Klasifikasi anemia berdasarkan gangguan Eritropoiesis dimana anemia aplastik termasuk di dalamnya, pengertian anemia aplastik harus Anda pahami dengan baik apabila Anda tengah mempelajari pengetahuan-pengetahuan mendasar seputar anemia.

Sumsum tulang yang gagal memproduksi sel darah karena hiposelularitan yang bisa jadi diakibatkan oleh paparan radiasi, racun, maupun reaksi terhadap virus dan obat, serta defek yang terjadi pada perbaikan gen maupun DNA merupakan pengertian sederhana mengenai anemia aplastik. Pengertian lebih luasnya bisa Anda cari dari berbagai sumber.


Pengertian Anemia Pernisiosa dan Menurut para Ahli

Anemia pernisiosa

Ada beberapa jenis anemia dan masing-masing anemia memiliki penyebab tersendiri. Salah satu anemia yang banyak diderita oleh masyarakat adalah anemia pernisiosa. Penyakit autoimun (yakni sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang sel sehat di dalam tubuh) yang mana memengaruhi perut merupakan pengertian anemia pernisiosa secara sederhana.

Dalam anemia pernisiosa, sistem imun tubuh kita akan menyerang sel yang ada di dalam perut yang berfungsi untuk menghasilkan faktor intrinsik. Secara garis besar, anemia jenis ini disebabkan karena tubuh tidak mampu menyerap vitamin B12 dengan baik.

Baca Juga :

Gejala dan Penyebab Pembengkakan Jantung

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

7 Manfaat Daun Mengkudu untuk Kesehatan

7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pendapat para ahli

Beberapa ahli juga tidak ketinggalan mengemukakan pendapat mereka mengenai anemia, pengertian anemia menurut para ahli itu sangatlah beragam, tergantung dari jenis anemia apa yang mereka kaji dan pahami.

Salah satunya adalah anemia mieloptisik merupakan anemia yang terjadi akibat dari penggantian sumsum tulang karena infiltrate sel tumor atau kelainan granuloma yang kemudian menyebabkan terjadinya pelepasan eritroid di tahap awal.

Pengertian anemia selengkapnya bisa Anda temukan dari berbagai buku yang mengkaji dengan baik anemia, mulai dari pengertian, jenis-jenis anemia, penyebab, hingga pengobatan anemia. Mengenal dengan baik anemia bisa menjadi cara pencegahan yang tepat, karena kekurangan darah bisa mengakibatkan banyak komplikasi kesehatan.

Komplikasi ringannya adalah mudah merasa lelah, lemas, seringkali pingsan saat melakukan pekerjaan berat dan masih banyak lagi. Anemia masih bisa dicegah dengan konsumsi makanan yang tepat dan minum suplemen. Jaga selalu kesehatan badan sejak dini agar dewasa nanti Anda memiliki umur yang panjang.

Informasi Lainnya:

anemia pernisiosa dan anemia aplastik -

Related to: Pengertian Anemia Aplastik dan Pernisiosa Menurut para Ahli