Pantangan Makanan Untuk Ibu Menyusui, Sebaiknya Anda Tahu

7 August 2017
August 7, 2017

Masa menyusui merupakan masa dimana seorang ibu memberikan asupan makanan yang berkualitas baik kepada bayi yang baru dilahirkannya hingga masa dua tahun lamanya. Tentu saja untuk menjaga kualitas ASI tetap bagus, seorang ibu menyusui harus menjaga asupan makanannya dengan makanan yang bergizi tinggi sehingga dapat disalurkan kepada anak melalui ASI. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu menyusui mengetahui pantangan ibu menyusui agar mendapatkan hasil ASI dengan kualitas yang terbaik. Pantangan tersebut lebih bersifat pada makanan yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi.

Pantangan Makanan untuk Ibu Menyusui

Pantangan Makanan Untuk Ibu Menyusui

Untuk kualitas ASI yang baik, ibu menyusui lebih baik mengonsumsi makanan yang memiliki asupan nutrisi dan gizi yang baik. Asupan tersebut diperoleh dari makanan yang mengandung serat serta vitamin dan mineral yang cukup. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh dan kekebalan bayi serta penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangan fisik yang akan dilewati oleh seorang bayi untuk tumbuh kembangnya.

Baca Juga :

Makanan Sehat dan Pantangan Untuk Penderita Asam Urat

5 Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asam urat

5 Pantangan bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal

5 Pengobatan Batu Ginjal Secara Tradisional yang Efektif


Akan tetapi, tidak semua ibu menyusui menyadari akan pentingnya asupan ASI bagi tumbuh dan kembang bayi. ASI yang terbentuk dari sari makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan disalurkan melalui air susu ibu. Dengan kata lain makanan yang dikonsumsi ibu juga turut dikonsumsi oleh anak. Untuk itu, ibu menyusui tidak boleh sembarangan mengonsumsi sesuatu yang tidak baik untuk perkembangan bayi. Dengan begitu, penting bagi seorang ibu menyusui mengetahui secara pasti pantangan bagi ibu menyusui.

Ada beberapa makanan yang menjadi pantangan selama menyusui. Makanan tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas ASI sehingga dapat mengurangi asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Pantangan makanan untuk ibu menyusui ini lebih baik diikuti untuk menjaga kualitas ASI tetap terjaga, serta menjaga kesehatan bayi sehingga tidak tercemar dengan kandungan dari makanan yang dipantang tersebut.

Makanan Patangan untuk Ibu Menyusui

Berikut akan kami berikan beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi ibu yang sedang menyusui. Diantaranya adalah:

1. Alkohol

Seperti diketahui alcohol memiliki pengaruh yang buruk bagi tubuh. Tidak hanya untuk orang dewasa, alcohol memiliki efek yang tidak baik jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui karena kandungan alcohol akan ikut mengalir melalui ASI. Selain itu dengan mengonsumsi alcohol juga akan berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas ASI. Jumlah ASI juga akan ikut menurun yang akan berakibat pada kurangnya asupan makanan bayi.

2. Kafein

Sama halnya dengan alcohol, kafein juga memiliki pengaruh yang kuat bagi pengonsumsinya. Kafein merupakan salah satu makanan pantangan ibu menyusui karena akan berpengaruh terhadap ASI. Efek kafein pada tubuh adalah susah tidur atau insomnia. Jika kafein diminum oleh ibu menyusui, dampak susah tidur tidak hanya dirasakan oleh ibu yang sedang menyusui, namun juga akan berdampak pada bayi yang disusui.

3. Makanan pedas

Makanan pedas merupakan salah satu jenis pantangan makan bagi ibu menyusui. Siapa yang tidak tergoda dengan makanan pedas yang mampu menggugah selera makan. Akan tetapi, jika makanan pedas dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui, maka efek pedas juga akan dirasakan oleh bayi begitu juga dengan ibu yang menyusui. Akibatnya ibu menyusui bisa terkena diare begitu juga dengan bayi.

Pantangan ibu menyusui sebaiknya diperhatikan dengan seksama. Tidak ada pantangan yang baku bagi ibu menyusui, namun alangkah lebih baik jika menghindari makanan yang dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan ibu dan bayi yang sedang menyusui. Karena ASI adalah salah satu asupan terbaik bagi bayi untuk memperkuat sistem imun tubuh mereka.

Related to: Pantangan Makanan Untuk Ibu Menyusui, Sebaiknya Anda Tahu