3 Obat Herbal Tradisional untuk Sesak Nafas dan Batuk

9 April 2016
April 9, 2016

Mengatasi sesak nafas tidak harus dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan dokter atau menghirup inhaler saja karena ada beberapa obat herbal sesak nafas yang efektif untuk membantu mengatasi sesak nafas, harga obat herbal juga jauh lebih terjangkau daripada obat yang dijual di apotek yang tergolong lebih mahal. Daripada membuang-buang uang, akan lebih baik jika Anda melakukan penghematan dengan membuat sendiri obat sesak nafas di rumah dari berbagai tumbuhan alami yang disebutkan di bawah ini:

Obat Herbal Tradisional untuk Sesak Nafas karena Batuk

Teh hitam

Obat herbal untuk sesak nafas yang pertama yang bisa Anda buat sendiri di rumah adalah teh hitam dan lada hitam, kedua bahan alami ini memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu mengobati sesak nafas. Siapkan 3 kantong teh hitam celup dan lada hitam dan air secukupnya.

Teh hitam dipilih karena kandungan alaminya dapat membantu mengurangi bronchospasm/penyempitan yang terjadi tepat di saluran udara di dalam paru-paru tubuh, teh hitam akan mempermudah membuka pembuluh darah di tenggorokan.

obat-herbal-tradisional-sesak-nafas-batuk

Teh hitam memiliki kandungan theophylline yang mana merupakan zat alami yang memiliki kemampuan untuk merelaksasikan otot yang ada di dalam tenggorokan sehingga otot-otot tersebut bisa bekerja dengan baik untuk memperluas saluran udara di dalam tenggorokan, sedangkan lada hitamnya bermanfaat untuk meningkatkan kineraja theophylline yang terdapat dalam teh hitam.

Jahe bubuk


Obat tradisional sesak nafas karena batuk ini dibuat dari jahe bubuk yang dicampurkan dengan bawang putih dan madu murni dengan takaran seimbang, setelah ketiga bahan tercampur dengan baik, tambahkan air perasan jeruk lemon dan aduk kembali hingga tercampur dengan baik. Minum racikan ramuan ini di malam hari sebelum tidur sehingga tidur Anda menjadi jauh lebih nyaman dan nyenyak tanpa perlu diganggu oleh rasa sakit karena sesak nafas dan batuk.

Tahukah Anda, jika racikan bahan alami ini dapat membantu mengurangi penyumbatan yang terjadi di dalam tenggorokan, jahe dan madu yang digunakan bekerja sebagai expectorant yang dapat membantu mengurangi lendir serta dahak yang menebal dan menumpuk di dalam tenggorokan.

Obat Herbal untuk Sesak Nafas dan Batuk

Serai

Obat herbal untuk sesak nafas batuk ini lebih banyak digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan yang fungsinya untuk membuat aroma makanan lebih sedap dan lebih nikmat, namun ternyata, serai juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati sesak nafas.

Siapkan 10 batang serai yang berkualitas baik, masih segar dan kupas kulit bagian terluar dari batang serai, cuci lalu memarkan dengan cara ditumbuk kasar, rebuslah tumbukan serai ini dengan air secukupnya hingga air rebusan serai mendidih baru tambahkan gula aren atau Anda bisa menggunakan madu murni bila ada, aduk hingga tercampur merata dan tunggu selama beberapa saat hingga tersisa segelas saja.

Terakhir, saringlah air rebusan serai ini untuk diminum di malam hari, lakukan pengobatan alami dengan obat herbal sesak nafas dan batuk ini secara teratur, setidaknya 3 kali setiap minggunya, namun disaat sesak nafas yang Anda alami sudah sembuh, lakukan terapi pengobatan ini sekali saja setiap minggunya.

Pengobatan alami dari obat herbal sesak nafas akan membantu merawat kesehatan tubuh Anda dari berbagai penyakit termasuk sesak nafas. Dan yang paling penting dan menguntungkan, obat-obatan alami tersebut harganya sangat terjangkau dan bisa didapatkan dengan sangat mudah setiap harinya. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan herbal ini, konsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda untuk meminimalisir efek sampingnya.

Related to: 3 Obat Herbal Tradisional untuk Sesak Nafas dan Batuk