Obat Batuk Tradisional untuk Bayi , Anak dan Orang Dewasa

9 April 2016
April 9, 2016

Batuk mungkin bukan penyakit berbahaya karena masih bisa diobati, tidak seperti penyakit kanker dan HIV/AIDS yang tidak bisa diobati karena memang belum ada obatnya, namun bila dibiarkan saja, batuk pun bisa menjadi penyakit yang berbahaya, bisa menjadi gejala penyakit berbahaya, apalagi jika batuk yang Anda alami bukan hanya menghasilkan lendir atau dahak saja melainkan juga darah kental. Agar batuk bisa lekas sembuh tanpa harus mengkonsumsi obat batuk, manfaatkan obat batuk tradisional terbaik yang efektif berikut ini:

Obat Batuk Tradisional untuk Anak dan Bayi

Jahe merah

Batuk pada anak membuat anak menjadi rewel karena merasa tidak nyaman, dan untuk mengobatinya biasanya ibu akan membawa anak berobat ke dokter, namun ternyata ada obat batuk tradisional untuk anak yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengobati batu pada anak.

Bahan alami ini adalah jahe merah yang memiliki kandungan minyak astiri yang mampu menimbulkan aroma harum yang khas, tidak hanya itu saja, jahe merah juga efektif untuk memperlancar proses metabolisme tubuh, melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh. Buat ramuan obat dari 1 rimpah jahe yang diparut, setelah itu rebus parutan jahe merah tersebut dengan segelas air setelah air rebusan matang dan tinggal sedikit, matikan kompor dan minumkan air rebusan jahe merahnya pada anak, tambahkan sedikit gula pasir atau gula aren.

obat-batuk-tradisional-anak-bayi-orang-dewasa

Minyak kayu putih


Salah satu obat batuk tradisional untuk bayi adalah minyak kayu putih, minyak kayu putih ini bukannya diminumkan pada bayi, namun untuk Anda oleskan pada tubuh bayi. Oleskan saja minyak kayu putih secukupnya pada tubuh bayi, fungsinya untuk membuat tubuh bayi selalu terasa hangat dan melegakan tenggorokan sehingga batuk yang dialami bayi Anda bisa lekas sembuh.

Obat Batuk untuk Dewasa secara Tradisional

Kencur

Anda bisa membuat ramuan obat batuk tradisional untuk dewasa alami dari rempah kencur. Rempah alami khas Indonesia telah lama digunakan sebagai obat batuk maupun obat pilek tanpa menimbulkan efek samping. Anda bisa mengobati batuk di rumah dengan menggunakan kencur, cara pengobatannya ada banyak sekali.

 Mengunyah kencur. Anda yang saat ini tengah mengalami batuk bisa segera mengatasinya dengan mengunyah kencur yang sudah dicuci serta dikupas kulitnya, kunyahlah kencur ini hingga kencurnya halus lantas telan. Lakukan pengobatan batuk dengan kencur 2x sehari disaat Anda batuk, rasanya memang tidak enak, namun cara ini akan membantu menyembuhkan batuk dengan sangat cepat, Anda harus mengunyah 2-3 siung kencur setiap kali melakukan pengobatan ini.

 Kencur dan Jahe. Bila cara pertama dianggap terlalu ekstrem, maka Anda bisa mengaplikasikan cara kedua ini. Memarkan beberapa siung jahe dan kencur lantas rebus dengan air sampai mendidih. Gunakanlah 2 gelas air lantas rebus sampai airnya tersisa satu gelas saja, saring kedua bahan lalu minum selagi hangat, agar rasanya lebih bersahabat, tambahkan sedikit gula aren atau madu murni.

 Perasan kencur. Gunakan 3-5 siung kencur yang berukuran sedang lantas haluskan hingga benar-benar halus lalu saring airnya dan minumlah. Perasan kencur ini akan membantu menghangatkan tenggorokan serta menyembuhkan batuk.

 Kencur dan madu murni. Obat batuk tradisional terakhir dari kencur adalah dengan mengombinasikan kencur bersama beberapa sendok madu murni. Siapkan 3 sdm air kencur dengan 1 sdm madu murni, campurkan dan aduk hingga tercampur merata lalu minum racikan obat ini, lakukan perawatan dengan kencur dan madu murni 2x setiap hari hingga batuk benar-benar sembuh.

Related to: Obat Batuk Tradisional untuk Bayi , Anak dan Orang Dewasa