Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui Berpengaruh Untuk Bayi

27 August 2017
August 27, 2017

Setelah melahirkan, seorang ibu adalah sumber makanan bagi bayi yaitu dengan memberikan Air susu ibu (ASI). Tentu ibu tidak diperkenankan mengkonsumsi makanan yang sembarangan. Makanan yang ibu konsumsi akan mempengaruhi ASI untuk si kecil. Untuk itu, pada artikel ini kami akan mengulas mengenai makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.

Selain sebagai unsur kesehatan bayi, menghindari makanan-makanan tersebut juga perlu agar tumbuh kembang bayi dapat berjalan dengan baik dan bayi dapat berkembang cerdas. Hal utama dan paling utama adalah ibu dilarang mengkonsumsi alkohol maupun nikotin. Bahkan ini sangat berbahaya bagi semua kalangan, tidak hanya ibu yang sedang menyusui.

Makanan yang Tidak Boleh di Konsumsi Ibu Menyusui

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui Berpengaruh Untuk Bayi

Menghindari makanan-makanan tertentu juga berfungsi agar produksi ASI tetap maksimal, karena terkadang suatu makanan dapat membuat produksi ASI berkurang. Dalam hal ini tentunya akan berakibat pada ASI yang kurang pula untuk bayi. Apa yang dikonsumsi oleh ibu juga dikonsumsi oleh bayi.

Bagi ibu yang sebelum hamil menyukai makanan pedas, tahanlah dahulu ketika ibu menyusui karena menjadi makanan yg tidak boleh untuk ibu menyusui. Makanan pedas secara tidak langsung nantinya akan terkonsumsi oleh bayi melalui ASI. Hal ini merupakan hal yang tidak baik untuk bayi karena perut bayi dapat menjadi iritasi dan akibat lebih lanjut adalah diare. Tahanlah sampai ibu selesai menyusui kelak dan anak tidak mengkonsumsi ASI lagi.

Baca Juga :

Pengaruh dan Bolehkah Ibu Menyusui Minum Air Es

Obat Diare Untuk Ibu Menyusui Secara Alami dan Aman

Pantangan Makanan Untuk Ibu Menyusui, Sebaiknya Anda Tahu


Air Putih dan Istirahat untuk Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Menyusui

Nah, vitamin memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui, bahkan oleh siapa saja. Vitamin C mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjadi pemulihan setelah sakit. Tetapi konsumsi vitamin C tidak boleh berlebihan, hanya secukupnya saja yaitu sekitar 60 mg setiap harinya. Hal ini berlaku juga bagi ibu menyusui.

Mengapa demikian? Karena vitamin C mengandung asam. Kelebihan vitamin C tidak dapat diserap oleh tubuh, dan biasanya dikeluarkan melalui urin. Tetapi bayi belum memiliki sistem pencernaan yang normal seperti orang dewasa. Kelebihan vitamin C pada bayi akan tersimpan lama di perut dan dapat menimbulkan iritasi.

Apa Saja Makanan Minuman yang Dilarang utk Ibu Menyusui

Lemak jenuh dan lemak trans juga menjadi salah satu makanan dan minuman yang dilarang untuk ibu menyusui. Makanan ini sangat tidak baik untuk perkembangan otak bayi. Lemak jenuh dan lemak trans menghambat kerja omega 3. Padahal omega 3 adalah bekal bagi tumbuh kembang otak bayi untuk menjadi anak yang cerdas.

Menghindari lemak jenuh trans ini dapat dilakukan dengan menghindari gorengan yang digoreng dengan minyak yang sudah digunakan berkali-kali untuk menggoreng. Ibu yang sedang menyusui juga disarankan untuk menghindari makanan cepat saji, sebaliknya, konsumsilah buah dan sayur sebagai menu makan sehari-hari karena manfaatnya tidak diragukan lagi.

Ibu menyusu ternyata disarankan untuk tidak mengkonsumsi cokelat. Cokelat mengandung kafein yang cukup tinggi. Kopi yang dikenal mengandung kafein lebih berbahaya lagi bagi bayi. Kafein yang dikonsumsi oleh ibu menyusui dapat membuat bayi menjadi sulit tidur. Apabila bayi sulit tidur, selain menjadi rewel juga akan sangat berpengaruh terhadap imunitas tubuhnya. Padahal kebutuhan tidur bayi lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa, apabila tidak tercukupi dengan baik maka dikhawatirkan bayi akan rentan sakit.

Ibu juga diusahakan untuk tidak minum teh. Meskipun tidak sebanyak pada kopi dan cokelat, teh juga mengandung kafein yang tidak baik bagi bayi. Bayi belum dapat mengeluarkan kafein seperti kemampuan pada orang dewasa. Oleh sebab itu, ibu yang sedang menyusui memang perlu hati-hati dalam setiap apa yang dikonsumsinya.

Bagi ibu yang mengkonsumsi susu sapi juga harus hat-hati, karena apabila ibu tidak mengalami alergi susu sapi belum tentu bayi juga tidak alergi. Alergen pada susu sapi dapat membuat bayi muntah, terjadi kolik, sulit tidur, bahkan eksim kulit. Minum susu sapi baru diperbolehkan apabila tidak terdapat efek negatif bagi ibu sekaligus bagi bayi. Demikian ulasan mengenai makanan yang dilarang untuk ibu menyusui, semoga bermanfaat.

Informasi Lainnya:

manfaat minum kunyit asam dan beras kencur -

Related to: Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui Berpengaruh Untuk Bayi