Macam Macam Anemia dan Penyebabnya dalam Kehamilan

6 April 2016
April 6, 2016

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh Anda tidak memiliki sel darah merah yang mencukupi untuk mengangkut akosigen ke seluruh tubuh. Memiliki anemia bisa menjadi kendala yang cukup berat dan merepotkan, karena Anda tidak bisa melakukan banyak aktivitas dalam waktu berdekatan, tubuh yang cepat lelah menjadi kendala utamanya.

Ada banyak jenis anemia dengan kasus dan penyebab tersendiri, anemia sendiri bisa berlangsung sementara waktu maupun dalam jangka panjang. Perawatan atau pengobatan anemia bisa dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen penambah darah yang berada di bawah pengawasan dokter, Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat atau bahkan merubah program diet. Berikut ini macam-macam anemia:

Macam – Macam Anemia dan Penyebabnya pada Ibu Hamil

Anemia Defisiensi Besi

Dari macam-macam anemia pada ibu hamil, apakah salah satu anemia tersebut kini tengah Anda alami. Anemia defisiensi besi merupakan jenis anemia yang diakibatkan karena tidak cukupnya suplai zat besi di dalam tubuh yang kemudian mengakibatkan defek pada sintesis Hb yang selanjutnya mengakibatkan munculnya sel darah merah atau eritrosit yang mikrositer atau hipokrom. Untuk mencegah anemia ini, para ibu hamil harus mencukupi suplai zat besi dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan tinggi zat besi.

Anemia Megaloblastik

macam-macam-anemia-ibu-hamil

Salah satu jenis anemia dari macam-macam anemia dan penyebabnya yang berada dalam klasifikasi anemia karena gangguan eritropoiesis merupakan anemia megaloblastik merupakan defisiensi folat maupun vitamin B12 yang kemudian mengakibatkan terjadinya gangguan pada defek maupun sintesis timidin pada replikasi DNA yang selanjutnya menimbulkan efek pembesaran perekursor pada sel darah di sumsum tulang, pansitopenia maupun hematopoiesis yang tidak bekerja secara efektif.


Macam Macam Anemia saat Masa Kehamilan

Anemia Aplastik

Yang paling penting yang harus dilakukan saat sedang hamil adalah menjaga kesehatan tubuh sehingga janin yang tumbuh di dalam rahim pun bisa tumbuh dengan sangat sehat, ada satu gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh ibu hamil yakni anemia, macam-macam anemia dalam kehamilan bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan janin dan ibu hamil. Disaat sumsum tulang tidak mampu memproduksi sel darah karena hiposelularitas yang kemungkinan besarnya terjadi karena virus, defek terhadap perbaikan DNA juga gen, reaksi terhadap obat, radiasi.

Anemia Mieloptisik

Macam-macam anemia pada kehamilan harus ditanggulangi dengan sebaik mungkin agar tidak mengganggu kesehatan keduanya baik janin maupun ibu yang sedang hami. Anemia yang terjadi karena penggantian sumsum tulang oleh infiltrate yang dilakukan oleh sel tumor, atau kelainan pada granuloma akan menyebabkan terjadinya pelepasan eritroid tahapan awal.

Anemia Mikrositik

Adapun klasifikasi anemia berdasarkan ukuran selnya adalah anemia mikrositik yang penyebab utamanya adalah defisiensi besi maupun gangguan Hb.

Anemia Normositik

Sedangkan anemia normositik merupakan kekurangan darah yang disebabkan oleh penyakit kronis, seperti penyakit pada ginjal dan masih banyak lagi.

Anemia Makrositik

Anemia ini disebabkan oleh anemia pernisiosa yang diakibatkan oleh konsumsi alkohol serta anemia megaloblastik. Anemia bisa berbahaya apabila tidak diperhatikan dengan baik, karena tubuh kita membutuhkan sel darah merah untuk dapat melakukan fungsinya dengan baik. Pemeriksaan darah yang Anda lakukan bisa menentukan adanya anemia atau tidak, permeriksaan yang dilakukan merupakan bagian dari hitung jenis darah komplit atau yang dikenal juga dengan CBC.

Ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi anemia, seperti transfuse darah maupun pemberian suplemen zat besi, vitamin B12 dan masih banyak lagi. Macam-macam anemia selengkapnya bisa Anda temukan di berbagai sumber yang tersebar di buku khusus yang mengkaji ilmu pengetahuan dan kesehatan.

Related to: Macam Macam Anemia dan Penyebabnya dalam Kehamilan