Daftar Jenis Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

10 February 2016
February 10, 2016

Bila mencegah dipercaya jauh lebih baik daripada mengobati, maka kita harus selalu siap mencegah serangan penyakit yang bisa datang kapan saja. Salah satu penyakit yang kerapkali dikeluhkan oleh beberapa orang mulai dari usia remaja hingga lanjut usia adalah penyakit asam urat.

Penyakit ini mungkin tidak semematikan penyakit kanker namun tetap saja akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, terutama di malam dan pagi hari disaat rasa nyerinya sedang menjadi-jadi. Cegah asam urat tinggi dengan mengurangi konsumsi makanan penyebab asam urat berikut ini:

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Telur puyuh

Purin yang terdapat di dalam telur puyuh cukup berpengaruh bagi penderita penyakit asam urat tinggi, meskipun kadarnya tidaklah tinggi, namun bukan berarti mengkonsumsi telur puyuh secara berlebihan dibenarkan karena bagaimana pun juga telur puyuh merupakan makanan penyebab asam urat dan kolesterol.

Anda yang hobi makan telur puyuh sebagai camilan atau bahan pelengkap sayur sop, tidak perlu khawatir tidak bisa lagi makan telur puyuh karena penderita asam urat tinggi masih bisa makan telur puyuh maksimal 3x setiap minggunya.

daging-merah-penyebab-asam-urat-kolesterol-tinggi

Bayam dan melinjo

Makanan penyebab asam urat tinggi dari kelompok sayuran adalah bayam dan melinjo. Purin merupakan kelompok protein yang bisa ditemukan di berbagai bahan makanan termasuk berbagai sayuran.


Agar terhindari dari penyakit asam urat tinggi atau kambuhnya penyakit asam urat tinggi, usahakan untuk tidak makan sayur bayam maupun melinjo secara berlebihan karena zat purinnya yang tinggi tidak baik untuk kesehatan Anda bisa memicu kenaikan kadar asam urat dalam tubuh yang nantinya mengakibatkan rasa nyeri yang menyiksa.

Daftar Jenis Makanan Penyebab Asam Urat

Daging merah

Dari daftar makanan penyebab asam urat ditemukan beberapa bahan makanan dari kelompol daging merah dan jeroan, seperti otak, hati, ginjal, jantung dan masih banyak lagi. Mereka yang positif menderita penyakit asam urat tinggi tidak dianjurkan untuk sering-sering makan makanan yang dibuat dari daging merah terutama jeroan yang kaya akan zat purin. Dengan kata lain, diet rendah daging merah, ekstrak daging dan jeroan sangat dibutuhkan oleh para penderita asam urat tinggi.

Seafood

Satu lagi jenis makanan penyebab asam urat yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh para penderita asam urat tinggi, seperti sarden, makarel, ikan teri, ikan bercangkang yang jenisnya cukup beragam. Penderita asam urat tinggi yang juga menyukai seafood harus bisa menahan diri agar tidak kebablasan makan banyak hidangan dari seafood apabila ingin terhindar dari serangan rasas sakit pada persendian yang menjadi salah satu gejala dari penyakit asam urat tinggi.

Roti manis

Bukan hanya kelompok makanan berat saja yang biasa dikonsumsi bersama sepiring nasi hangat, ada beberapa jenis camilan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan oleh para penderita asam urat karena bisa memicu meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, tidak terkecuali roti manis. Selain dapat memicu asam urat tinggi, roti manis yang sering Anda konsumsi juga berperan besar pada kenaikan berat badan.

Ada beragam makanan penyebab asam urat yang mengakibatkan para penderita asam urat harus mengalami rasa sakit yang tidak menyenangkan dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang, dan bila Anda ingin terhindar dari rasa tidak menyenangkan tersebut yang dipicu oleh konsumsi makanan kaya zat purin penyebab asam urat tinggi maka aturlah pola makan Anda dan jika bisa buatlah daftar makanan yang harus dihindari dan harus didahului.

Related to: Daftar Jenis Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol