Cara Mendidik Anak Dini yang Baik dan Benar

19 October 2017
October 19, 2017

Masa kanak-kanak adalah sebuah masa yang paling rentan. Oleh karena itu, sangat diperlukan cara mendidik anak yang benar dan baik agar anak juga menjadi baik. Masa anak yang sangat mudah terpengaruh dengan berbagai keadaan yang ada di sekitarnya membuat orang tua harus selalu menjaga anaknya. Cara mendidik anak yang baik bukanlah dengan cara kekerasan. Cara mendidik seorang anak sekarang memang dibutuhkan cara yang berbeda. Nah, bagaimakah cara menjadikan anak menjadi lebih baik dan berbudi untuk masa sekarang, simak ulasannya berikut.

Tips Cara Mendidik Anak Usia Dini

1. Berikan kasih sayang dan sikap yang lembut

Cara Mendidik Anak Dini yang Baik dan Benar

Perlakuan yang lembut pada anak adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Pada masa sekarang memang seringkali anak mudah melawan jika orang tua melakukan kekerasan. Oleh karena itu, orang tua perlu untuk bersikap lembut pada anak. Akan tetapi, Anda juga harus tetap memberikan ketegasan agar anak menjadi lebih patuh.

Baca Juga :

Obat Sakit Perut Melilit Tradisional untuk Anak Anak

Obat Batuk Tradisional untuk Bayi , Anak dan Orang Dewasa

Obat Batuk Kering dan Gatal Untuk Anak 1 dan 2 Tahun

Obat Batuk Alami Untuk Anak Balita 1 , 2 dan 3 Tahun


Selain itu, cara mendidik anak usia dini juga harus selalu diberikan kasih sayang. Kasih sayang yang ditunjukkan sejak dini akan membuat anak merasakan nyaman dan senang dengan orang tua. Dengan demikian akan menjadi lebih patuh dengan apa yang orang tua katakan.

2. Sering main bersama dan membuat kreatifitas

Mendidik anak bukanlah soal membuat sebuah peraturan yang kadang justru membuat anak menjadi dapat tekanan. Mendidik anak yang baik bisa dilakukan dengan selalu berusaha bermain bersama. Dengan demikian, kedekatan orang tua dan juga anak akan selalu terjaga.

Pada saat bermain, Anda bisa melakukan hal-hal kreatif yang menyenangkan bersama sehingga otak anak bisa terbentuk dengan permainan yang dilakukan. Anak juga bisa menjadi lebih terdidik dengan berbagai permainan yang bisa melatih kerja otak yang bisa dibuat sendiri bersama dengan anak.

Tips Cara Mendidik Anak dengan Baik dan Benar

3. Menjadi pendengar untuk anak

Cara mendidik anak dengan baik bisa dilakukan dengan menjadi pendengar bagi anak. Sering kali anak mengalami banyak hal di kesehariannya terutama ketika di sekolah. Usahakan Anda selalu menjadi pendengar yang baik dengan demikian anak bisa menceritakan hal yang dialami dengan nyaman.

Ketika anak selesai bercerita, barulah Anda bisa memberikan wejangan dengan lembut. Dengan demikian, anak tidak akan tersinggung dan lebih patuh. Selain itu, anak juga perlu selalu diberikan dukungan selama yang dilakukan adalah baik. Dengan demikian, anak akan belajar bertanggung jawab akan semua yang dia lakukan.

4. Jangan pernah menakuti dan membohongi

Untuk cara mendidik anak yang benar adalah jangan sampai Anda memberikan rasa takut pada anak. Orang tua seringkali menakuti anaknya agar si anak mau tunduk dengan apa yang dikatakan. Seharusnya hal ini tidak boleh dilakukan. Menakuti anak bisa memberikan rasa trauma ketika dewasa.

Selain itu, kreatifitas anak juga akan terganggu karena rasa takut yang ada. Tak hanya itu, orang tua juga tidak boleh berbohong pada anak. Jika orang tua melakukan kebohongan pada anak membuat anak juga berlaku yang sama ketika dewasa. Anak akan menganggap bohong adalah hal yang wajar.

Nah, itulah cara mendidik anak agar anak menjadi lebih patuh dan baik. Anak yang patuh, baik dan cerdas adalah sebuah kebanggaan bagi orang tua. Oleh sebab itu, perlu ditanamkan perilaku yang baik serta saling menyayangi sejak dini. Masa anak kecil yang mudah menyerap banyak hal di tempat tinggal terutama rumahnya akan membuat anak bisa dididik dengan mudah. Anak yang baik tumbuh dari keluarga yang melakukan hal baik selama di rumah bersama anak.

Related to: Cara Mendidik Anak Dini yang Baik dan Benar