Anatomi Fisiologi Jantung Pembuluh Darah Manusia Lengkap

19 October 2015
October 19, 2015

Bila Anda memerhatikan dengan baik pelajaran biologi di sekolah tentunya Anda sudah mengenal dengan baik, nama-nama organ penting yang ada di tubuh kita dan salah satu yang paling vital adalah jantung. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Organ vital ini berada di rongga dada sebelah kiri, agar lebih memahami dan mencintai jantung kita, simaklah dengan baik penjelasan singkat mengenai anatomi jantung manusia di bawah ini:

Anatomi Lengkap Pada Jantung Manusia

Lokasi jantung

anatomi-jantung-manusia-lengkap

Bila berbicara mengenai anatomi fisiologi jantung, maka hal pertama yang bisa kita bahas adalah lokasi jantung. Jantung manusia terletak di rongga dada sebelah kiri bawah tepatnya dipertengahan rongga dada dan dia atas diafragma serta pangkalnya berada tepat di belakang kiri di antara kosta V dan Vi dua jari dari bawah papilla mamae.

Ukuran jantung

Jantung merupakan organ berotot, berongga dan juga berbentuk kerucut, berada di rongga toraks serta di sekitar garis tengah di antara sternum dan disebelah anterior serta vertebra di sebelah posterior. Selanjutnya di anatomi jantung manusia adalah ukuran jantung manusia yang kurang lebih berukuran segenggaman tangan kanan, dengan berat sekitar 250 gram-300 gram.

Jantung manusia panjangnya sekitar 12 sentimeter dan lebarnya sekitar 9 sentimeter, berat jantung lelaki dewasa itu sekitar 250 gram hingga 390 gram sedangkan berat jantung wanita dewasa itu sekitar 200 gram hingga 275 gram.

Lapisan otot jantung

Jika yang akan kita bahas kali ini adalah anatomi jantung lengkap, maka Anda harus mengenal dengan baik lapisan otot jantung yang meliputi:


1. Epikardium yakni bagian luar dari otot jantung atau disebut juga pericardium visceral

2. Ada juga Miokardium yakni jaringan utama dari otot jantung yang berperan atas kemampuan kontraksi jantung manusia

3. Dan terakhir ada endokardium yakni lapisan tipis dari bagian dalam otot jantung/lapisan tipis endotel sel yang mana berkaitan langsung dengan darah, bersifat licin untuk aliran darah, sama seperti sel-sel endotel di pembuluh darah lainnya.

Katup-katup jantung

Anatomi jantung manusia dan fungsinya yang sangat kompleks, ada juga katup-katup jantung yang mana terbagi menjadi 2 bagian, yakni katup yang menghubungkan langsung antara atrium dengan ventrikel yang kita namakan sebagai katup atrioventrikuler, dan katup yang menghubungkan sirkulasi sistemik dengan sirkulasi pulmonal disebut sebagai katup seminular.

Pembuluh darah jantung

Anatomi jantung dan pembuluh darah yang terdapat di dalam sistem sirkulasi terdiri dari arteri, arteriol, venul, kapiler dan juga vena. Sudahkah Anda memahami apa saja fungsi dari pembuluh darah tersebut?

1. Arteri berfungsi dengan baik untuk transportasi dengan memberikan tekanan yang tinggi pada jaringan-jaringan. Maka dari itu, sistem arteri memiliki dinding yang kuat dan darah yang mengalir dengan cepat ke jaringan.

2. Arteriol berfungsi sebagai katup pengontrol yang perannya untuk mengatur pengaliran darah menuju kapiler.

3. Kapiler memiliki fungsi penting bagi jantung berfungsi sebagai tempat/media pertukaran cairan serta nutrisi di antara arah dan juga ruang intersitial.

4. Venul berfungsi untuk menampung darah dari kapiler serta bekerja secara bertahap menyatu kedalam vena yang berukuran lebih besar

5. Vena. Sebelum berbicara mengenai anatomi otot jantung, pahami terlebih dahulu fungsi vena, vena berfungsi sebagai jalan transportasi darah dari jaringan menuju jantung.

Semoga pembahasan mengenai anatomi jantung di atas dapat membantu Anda untuk memahami dengan baik seputar jantung dan bagian-bagian terluar maupun terdalam dari jantung.

Informasi Lainnya:

anatomi fisiologi jantung - anatomi jantung dan pembuluh darah - anatomi fisiologi pembuluh darah jantung - Tags: , , , , , , , ,

Related to: Anatomi Fisiologi Jantung Pembuluh Darah Manusia Lengkap