Air Putih dan Istirahat untuk Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Menyusui

16 August 2017
August 16, 2017

Menjadi seorang ibu adalah suatu anugerah yang tidak terkira. Menyusui adalah pekerjaan yang mulia di dunia, karena dengan menyusui maka seorang ibu telah memberikan makanan pertama kepada seorang manusia yang baru lahir. Ketika ibu menyusui dapat saja mengalami beberapa permasalahan kesehatan fisik, seperti sakit kepala. Obat sakit kepala untuk ibu menyusui tidak boleh sembarangan, karena secara tidak langsung akan mempengaruhi ASI yang diberikan kepada si kecil.

Sakit kepala pada saat menyusui dapat disebabkan karena kurang tidur. Sudah menjadi suatu hal yang bukan rahasia lagi apabila seorang ibu yang sedang menyusui menjadi kurang tidur. Hal ini karena si kecil yang terkadang rewel, maunya di timang.

Ketika ditimang di dalam pelukan ia tertidur, tetapi ketika ditidurkan pada kasur ia terbangun. Seorang bayi juga kerap terbangun di malam hari kemudian menyusu sehingga membuat ibu menjadi kurang tidur. Obat sakit kepala yang aman untuk ibu menyusui harus terdaftar di Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM).

Obat Sakit Kepala yang Bisa digunakan Ibu Menyusui

Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Menyusui

Untuk kasus di atas, sebenarnya dapat disiasati dengan berbagi tugas dengan ayah. Konsultasikan dengan dokter apabila ibu mempunyai riwayat alergi terhadap obat-obatan tertentu. Supaya ibu dapat beristirahat dan tidur dengan nyaman, perlulah kiranya ayah menjaga si buah hati sebentar.

Baca Juga :

Obat Pilek Untuk Ibu Menyusui Dengan Ramuan Alami

Peran Penting Suplemen Vitamin C dan E Untuk Ibu Menyusui


Pantangan Makanan Untuk Ibu Menyusui, Sebaiknya Anda Tahu

Penyebab berikutnya yaitu karena ibu kurang cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Ketika menyusui memang banyak mengeluarkan cairan dari ASI, keringat, dan urin. Ibu yang menyusui memerlukan air putih yang cukup sebagai obat sakit kepala buat ibu menyusui yang alami.

Apabila ibu sulit untuk tidur pada malam hari karena bayi rewel, maka penuhi kebutuhan tidur ibu pada siang hari ketika bayi tidur pula, karena siang hari justru biasanya bayi banyak tidur. Kemudian mengenai asupan cairan yang masuk dan keluar dari tubuh ibu yang tidak seimbang menjadi pemicu dari dehidrasi. Pada mulanya, tanda awalnya adalah tenggorokan yang kering disertai rasa haus.

Sebelum ibu merasa haus, sebaiknya segera minum untuk menghindari tenggorokan yang kering. Kemudian yang membutuhkan obat sakit kepala bagi ibu menyusui adalah sakit kepala yang disebabkan karena posisi menyusui yang salah. Posisi tidak benar ini menyebabkan syaraf di kepala dan leher terasa tidak nyaman.

Amankah Obat Sakit Kepala untuk Ibu Menyusui?

Kondisi psikis ibu menyusui yang tidak stabil menyebabkan ibu mengalami stres dan depresi, apalagi ditambah hormon yang sedang tidak stabil. Obat sakit kepala yg aman untuk ibu menyusui dalam hal ini yang utama adalah menghangatkan diri. Siapkan air hangat pada plastik atau botol air mineral plastik, kemudian tempelkan pada leher bagian belakang. Ibu juga dapat menghangatkan badan dengan mandi air hangat. Pancurkan air hangat ke seluruh tubuh secara merata maka tubuh ibu akan segar kembali, pikiran jernih, dan sakit kepala yang mengganggu berangsur-angsur menghilang.

Selain menghangatkan badan, ternyata mendinginkan kepala juga dapat membantu mengatasi gejala sakit kepala saat menyusui. Cukup dengan menyiapkan beberapa balok es batu, bungkus dengan handuk bersih lalu letakkan di dahi selama kurang lebih 15 menit. Kemudian yang tidak kalah nyamannya dalam menghilangkan sakit kepala adalah dengan melakukan pijat kepala.

Gosokkan jari Anda pada kepala bagian belakang, bahu, dan pelipis dengan aroma terapi atau balsem yang aman bagi Anda. Anda juga perlu mengkonsultasikan dengan dokter Anda apakah diizinkan untuk meminum air jeruk panas, teh hangat dicampur jus lemon, atau minum teh mint sebagai obat sakit kepala untuk ibu menyusui.

Related to: Air Putih dan Istirahat untuk Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Menyusui