6 Cara Mengobati Keputihan Secara Alami dan Tradisional

29 March 2016
March 29, 2016

Rasa tidak nyaman, lembab dan gatal di daerah kewanitaan bisa jadi karena Anda mengalami keputihan. Keputihan sebenarnya hal yang biasa terjadi pada wanita, namun ada batasannya, bila keputihan yang Anda alami sudah terlalu berisiko maka bisa menjadi salah satu pemicu kanker serviks dan berbagai penyakit lainnya.

Lantas, bagaimanakah keputihan yang berisiko tersebut? keputihan bisa dikatakan berisiko bila keputihan tersebut berbentuk tidak wajah dan beraroma tidak sedap. Keputihan yang berwarna kuning bahkan kehijauan merupakan tanda-tanda jika keputihan tersebut sudah berbahaya, selain warnanya yang pekat, aroma yang tidak sedap pun bisa menjadi tanda-tanda jika keputihan yang Anda alami itu sudah sangat tidak sehat, jadi tunggu apalagi, segera obati keputihan Anda dengan menggunakan beberapa cara mengobati keputihan di bawah ini:

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami dan Tradisional

Buah manggis

cara-mengobati-keputihan-berlebihan-wanita-alami

Ada banyak bahan yang bisa kita gunakan untuk membantu mengobati keputihan yang sudah sangat berlebihan dan salah satu cara mengobati keputihan secara alami adalah dengan memanfaatkan buah manggis, dalam hal ini kita akan menggunakan kulit buah manggis untuk membantu mengatasi keputihan.

Zat aktif yang terdapat di dalam buah manggis diantaranya adalah serat, vitamin C, vitamin B kompleks (ada B1, B2, B3 dan B5 serta B6), besi, kalium, kalsium, fosfor serta magnesium dan tembaga, mangan, antioksidan dan masih banyak lagi. Seduhlah kulit manggis yang sudah dikeringkan sebelumnya dengan air panas secukupnya, tambahkan sedikit madu murni dan aduk hingga tercampur merata lalu minum 2x sehari. Anda pun bisa membuat ramuan dari kulit manggis dan daun sirsak.


Kunyit

Salah satu cara mengobati keputihan secara tradisional adalah dengan menggunakan rempah asli khas Indonesia, yakni kunyit. Tanaman kunyit memiliki kandungan anti bakteri yang efektif untuk mengatasi keputihan. Anda dapat merebus kunyit serta menambahkan madu dan asam jawa secukupnya untuk kemudian digunakan sebagai obat basuh daerah kewanitaan.

Cara Mengobati Keputihan yang Berlebihan pada Wanita

Daun sirih

Selain memakai kunyit sebagai ramuan obat, Anda pun bisa menggunakan daun sirih, cara mengobati keputihan yang berlebihan yang sangat manjur. Daun sirih sudah dipercaya lama mampu mengatasi keputihan berlebihan hingga kini masih banyak orang yang percaya dan menggunakan ramuan obat daun sirih untuk mengatasi keputihan. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dan memakainya sebagai air membasuh daerah kewanitaan. Gunakan setiap hari hingga tidak ada lagi keputihan.

Daun miana

Cara mengobati keputihan pada wanita lainnya adalah dengan memakai daun miana, daun ini bentuknya mirip dengan daun sirih, cara pemakaiannya pun tidak jauh berbeda dengan daun sirih. Anda hanya perlu memilih beberapa lembar daun miana yang bagus dan merebusnya dengan air secukupnya lantas menggunakannya sebagai obat basuh di daerah kewanitaan. Atau gunakan air rebusan daun ini sebagai obat minum.

Jambu

Cara mengobati keputihan yang gatal agar menjadi lebih sehat dan tidak lagi gatal adalah dengan menggunakan daun buah jambu, yang perlu Anda lakukan hanya merebus daun jambu sampai mendidih dan gunakan ramuan daun jambu tersebut sebagai ramuan obat membersihkan daerah kewanitaan yang gatal.

Buah pisang

Cara mengobati keputihan dengan cepat adalah dengan rajin mengkonsumsi buah pisang. Karena buah pisang mengandung zat aktif yang baik untuk tubuh termasuk mengobati keputihan.

Berbagai cara mengobati keputihan di atas semoga dapat membantu Anda mengatasi rasa tidak nyaman pada organ kewanitaan yang disebabkan oleh keputihan.

Related to: 6 Cara Mengobati Keputihan Secara Alami dan Tradisional