5 Pengobatan Batu Ginjal Secara Tradisional yang Efektif

23 March 2016
March 23, 2016

Mereka yang menderita batu ginjal biasanya baru mengetahuinya disaat muncul beberapa gejala asing dan aneh yang terjadi baru-baru ini pada tubuhnya. Karena gejala batu ginjal biasanya tidak akan dirasakan oleh para penderita batu ginjal disaat batu tersebut masih ada di dalam ginjalnya atau ukuran batu yang terlalu kecil sehingga dapat keluar dengan mudah melalui ureter.

Gejala penyakit batu ginjal akan dirasakan oleh penderitanya disaat ukuran batu tersebut sudah lebih besar, bahkan jauh lebih besar daripada diameter saluran ureter. Batu ginjal yang berukuran besar tersebut akan mengalami gesekan dengan lapisang dinding ureter yang mana bisa menyebabkan iritasi bahkan menimbulkan luka, maka jangan anggap remeh jika mendadak keluar darah ketika Anda buang air kecil bersamaan dengan urine. Lakukan pengobatan batu ginjal segera sehingga Anda tidak perlu melakukan pembedahan, berikut ini pengobatan batu ginjal secara tradisional:

Pengobatan Tradisional untuk Penyakit Batu Ginjal

Minum air putih

Cara paling mudah untuk mengobati batu ginjal yang masih kecil yang belum terlalu serius adalah rajin minum air putih, pengobatan batu ginjal secara tradisional ini bisa Anda lakukan sehari-hari tanpa adanya kendala, karena air putih tersedia sangat melimpah di dalam rumah maupun di luar rumah. Dengan adanya aliran cairan terus menerus diyakini dan diharapkan bisa membuat batu ginjal kecil terdorong keluar dari dalam tubuh dengan sendirinya. Namun jika air putih tidak dianggap mencukupi, Anda bisa memanfaatkan bahan alami lainnya.

Buah apel

pengobatan-batu-ginjal-tradisional


Buah apel dipercaya dapat membantu proses pengobatan batu ginjal secara tradisional karena buah ini mampu melarutkan batu ginjal secara alamiah, rasa buahnya juga sangat segar dan lezat, bisa dikonsumsi secara langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu.

Cukup makan dua buah apel segar secara teratur setiap harinya untuk membantu mengatasi penyakit batu ginjal. Buah apel yang tinggi antioksidan, vitamin A, viamin C yang selama ini Anda konsumsi setiap hari akan memberikan efek yang nyata dalam proses meluruhkan batu ginjal. Jika bosan makan apel segar, Anda bisa minum sari cuka apel.

Buah semangka

Pengobatan batu ginjal secara tradisional ini memanfaatkan buah semangka yang rasanya segar dan manis. Semangka mengandung serat dan antioksidan yang sangat tinggi yang dapat memudahkan proses meluruhkan batu ginjal dari saluran kemih kita, konsumsi buah semangka juga dinilai efektif untuk membantu membilas bagian dalam organ vital ini tanpa memberikan rasa nyeri. Anda hanya perlu mengkonsumsi buah semangka sekitar 300-500 gram setiap harinya untuk efek terbaik.

Buah anggur

Merupakan buah alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal penyembuh batu ginjal. Kandungan nutrisi dalam buah anggur dapat membantu mengobati batu ginjal secara tradisional. Sangat disarankan untuk makan buah anggur beserta biji buah anggurnya, karena selain daging buahnya, biji anggur juga baik untuk membantu mengobati penyakit.

Asparagus

Anda yang suka makan sayur tentunya tidak akan menolak jika mengkonsumsi sayur tunas yang satu ini. Tahukah Anda jika memperbanyak konsumsi asparagus itu baik sekali untuk ginjal karena makanan ini dapat membantu meluruhkan batu ginjal yang mulai terbentuk di dalam tubuh Anda. Kandungan senyawa asparagin dalam asparagus dapat membantu memecah batu ginjal sehingga mempermudah batu ginjal untuk keluar dari dalam saluran kemih kita.

Pengobatan batu ginjal secara tradisional itu sangat beragam dan semua obat herbal yang telah disebutkan di atas termasuk obat herbal yang lezat di lidah jadi usahakan agar rajin mengkonsumsinya.

Related to: 5 Pengobatan Batu Ginjal Secara Tradisional yang Efektif