5 Pantangan bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal

23 March 2016
March 23, 2016

Batu ginjal adalah penyakit dengan jumlah penderita yang cukup tinggi terutama di Indonesia. Dari hasil survey yang telah dilakukan oleh US Census Bureu tepatnya pada tahun 2004, total penderita batu ginjal yang ada di Indonesia sekitar 876 ribu orang dan penderitanya kebanyakan berusia diantara 30-60 tahun.

Penyakit batu ginjal memang lebih banyak menyerang pria, namun wanita juga harus waspada disaat muncul gejala batu ginjal. Mereka yang menderita batu ginjal harus menaati beberapa hal karena ada beberapa pantangan batu ginjal yang wajib diperhatikan dan dilakukan sehari-hari dengan baik. Berikut ini ragam pantangan untuk mereka yang menderita penyakit batu ginjal:

Pantangan bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal

Kafein

Kabar yang sangat buruk bagi para penderita batu ginjal yang suka minum secangkir kopi pahit di pagi hari karena kafein merupakan pantangan penyakit batu ginjal yang semestinya dihindari konsumsinya oleh para penderita batu ginjal.

Mengapa demikian? karena konsumsi kafein berlebihan bisa mengembangkan batu ginjal yang terjadi karena kadar kalsium tinggi di dalam urine yang kemudian dapat memicu gagal ginjal karena adanya stimulant yang membuat organ kelelahan. Kafein tidak hanya terdapat dalam kopi saja, namun juga terdapat di dalam teh dan soda, jadi usahaknlah untuk menghindari minuman dan makanan yang tinggi kadar kafeinnya.

pantangan-penderita-penyakit-batu-ginjal

Pemanis buatan

Selain tidak bisa makan kafein secara berlebihan para penderita batu ginjal juga memiliki pantangan bagi penderita batu ginjal yakni tidak bisa makan dan minum yang mengandung pemanis buatan tinggi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan jika pemanis non kalori bisa merusak fungsi ginjal apabila dikonsumsi secara berlebihan setiap harinya, maka dari itu, buang semua pemanis buatan di dapur rumah Anda dan gantilah dengan madu murni, pemanis yang lebih alami dan menyehatkan ginjal.


Pantangan untuk Penderita Sakit Batu Ginjal

Daging

Kabar buruk bagi penyuka hidangan daging, karena pantangan sakit batu ginjal selanjutnya adalah daging. Protein hewani yang terdapat di dalam daging dapat mendorong pembentukan dari batu ginjal serta kerusakan pada ginjal. Konsumsi makanan yang tinggi protein hewani akan menempatkan tekanan pada ginjal kita karena limbah proteinnya tidak mampu dibuang secara alami. Perlu Anda ketahui jika daging juga mengandung asam urat yang tinggi, salah satu penyebab umum dari penyakit batu ginjal.

Sarden

Pantangan untuk penderita batu ginjal adalah sarden. Anda yang suka makan sarden kalengan kini harus mengurangi kebiasaan tersebut karena walaupun lezat dan mudah dibuat, sarden kalengan bisa menjadi penyebab batu ginjal. Sarden yang tinggi zat purin ini sebaiknya dibatasi konsumsinya terutama jika Anda pernah mengalami batu ginjal sebelumnya. Selain menjadi penyebab utama batu ginjal, konsumsi makanan tinggi zat purin juga berpotensi besar menyebabkan penyakit asam urat.

Minuman berkarbonasi

Siapa yang tidak suka minuman berkarbonasi yang rasanya unik dan menyegarkan apalagi jika diminum saat cuaca sedang panas-panasnya. Minum minuman berkarbonasi boleh-boleh saja asalkan tidak terlalu sering karena minuman ini akan meningkatkan potensi penyakit batu ginjal bahkan menempatkan tubuh Anda pada risiko penyakit ginjal ringan hingga kronis.

Semua makanan dan minuman yang menjadi pantangan batu ginjal mungkin tidak bisa Anda hindari selamanya, jadi cobalah untuk mengurangi konsumsinya secara bertahap dan bila Anda sudah terbiasa maka lama kelamaan Anda bisa tidak mengkonsumsinya, agar gizi di dalam tubuh tetap terjaga, Anda bisa mengganti makanan-makanan di atas dengan makanan pengganti yang kandungan gizinya hampir sama.

Related to: 5 Pantangan bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal