5 Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asam urat

9 April 2016
April 9, 2016

Peradangan yang terjadi karena tingginya kadar asam urat di dalam tubuh dikenal sebagai penyakit asam urat, penyakit ini dapat memengaruhi aktivitas seseorang apalagi jika rasa sakitnya sudah sangat parah, penderita tidak bisa beraktivitas seperti biasa karena rasa nyerinya sangat menyiksa.

Kadar asam urat yang tinggi disebabkan oleh konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan asam urat, seperti jeron. Oleh karena itu, para penderita asam urat memiliki beberapa pantangan makanan yang tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan karena hanya akan membuat penyakit asam urat makin parah. Dan inilah beberapa pantangan bagi penyakit asam urat di bawah ini:

Pantangan Bagi Penyakit Asam Urat

Hati

Para penderita penyakit asam urat memiliki beberapa makanan pantangan bagi penyakit asam urat, salah satu diantaranya adalah hati. Hati hewan, baik itu sapi maupun ayam kerapkali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena berbagai alasan nutrisi.

pantangan-bagi-penderita-penyakit-asam-urat

Hati tinggi vitamin B12, zat besi, protein dan juga zat purin yang kemudian akan diubah menjadi asam urat. Boston University Medical menemukan jika penderita gout atau yang rentan terhadap gout dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi hati, karena jika Kristal asam uratnya terkumpul di dalam sendi, kondisi ini bisa sangat menyakitkan penderitanya.

Ragi bir

Pantangan bagi penyakit asam urat kedua adalah ragi bir. Ragi merupakan jenis jamur yang biasa disebut sebagai Saccharomyces cerevisiae yang mana paling sering dipakai dalam proses pembuatan alkohol khususnya bir.


Purple Sage mengatakan jika mengkonsumsi bir yang di dalamnya terdapat ragi bisa memicu peradangan asam urat yang seharusnya masih bisa dihindari oleh para penderita asam urat, ragi ini jelas bukanlah ragi roti karena keduanya memiliki sifat yang berbeda, jadi aman-aman saja untuk makan roti.

Makarel

Makarel banyak dikonsumsi oleh orang karena sangat bergizi, setidaknya terdapat 48 spesies berbeda dari ikan ini, tidak hanya dikonsumsi dagingnya saja, minyak dari makarel juga kerapkali digunakan di dalam kapsul minyak ikan kaya omega 3 yang berfungsi untuk membantu merawat dan menjaga kesehatan jantung, namun sayangnya suplemen ini merupakan salah satu pantangan bagi penyakit asam urat karena bisa memicu rasa nyeri di sendi jika terlalu sering dikonsumsi terutama oleh mereka yang menderita penyakit asam urat, kata Medline Plus.

Daging

Makanan dari bahan utama daging bisa diolah menjadi aneka makanan yang lezat dan menggiurkan namun sayangnya kandungan zat purin di dalam daging merah, baik sapi maupun organ dalam hewan, entah itu otak, hati, ginjal dan jantung dapat memicu penyakit asam urat. Oleh karena itu, tidak aneh jika banyak penderita asam urat yang diet makan daging merah mengingat kandungan zat purinnya yang cukup tinggi.

Ikan bercangkang

Ada banyak varietas ikan bercangkang yang sangat digemari oleh banyak orang, seperti kerang, kepiting, tiram, kerang lobster dan juga udang, bagi penderita asam urat yang gemar makan seafood, mulai sekarang Anda harus lebih memerhatikan konsumsi seafood karena kandungan zatnya tidak baik untuk tubuh bisa memicu asam urat tinggi.

Dari ratusan bahkan mungkin ribuan bahan makanan dan resep masakan ada saja makanan pantangan bagi penyakit asam urat yang tidak dianjurkan untuk dimakan dalam jangka panjang dengan intensitas yang tinggi. Anda penderita asam urat tinggi, maka aturlah pola makan Anda dengan mengurangi beberapa makanan yang menjadi pantangan sebagaimana yang sudah disebutkan di atas.

Informasi Lainnya:

waspada 5 pantangan makanan bagi asam urat -

Related to: 5 Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asam urat