4 Cara Mengobati Penyakit Sinusitis Secara Alami Tradisional

31 March 2016
March 31, 2016

Masih banyak orang yang menganggap jika jalan terbaik untuk menyembuhkan sinusitis adalah melakukan operasi, padahal tidak ada jaminan 100% yang menjamin jika jalan operasi dapat sepenuhnya mengobati sinusitis.

Menurut dr.Alfian F. Hafil, Sp.THT, bagian THT dari Fakultas Kedokteran UI, sinusitis bisa diatasi melalui operasi jika ada polip tepat di dalam rongga sinusnya, tidak menjamin jika penderita sinusitis akan sembuh setelah melakukan operasi namun tindakan pembedahan masih bisa menjadi cara yang cukup membantu dalam proses pengobatan sinusitis. Ada cara mengobati sinusitis lainnya yang mampu membantu mengatasi sinusitis, simak penjelasannya berikut ini:

Cara Mengobati Penyakit Sinusitis Secara Alami

Atasi penyakit primer pemicu utamanya

cara-mengobati-sinusitis-alami-tradisional

Sebelum melakukan tindakan operasi yang sebenarnya belum diperlukan sebagai tindakan pengobatan sinusitis, Anda diharapkan untuk mengatasi penyakit sinusitis dengan mencari penyakit primer yang menjadi pemicu utamanya, cara mengobati sinusitis secara alami harus Anda lakukan sebagai tindakan utama dan jika yang menjadi masalah utama adalah gigi geraham, maka yang perlu Anda kunjungi terlebih dahulu adalah dokter gigi bukannya dokter spesialis THT, minta perawatan terbaik dari dokter gigi, perawatan yang tepat dan denan begitu Anda bisa mengatasi sinusitis dengan benar, lakukan juga tindakan yang sama dengan pemicu utama lainnya.

Konsultasi dengan dokter spesialis


Cara mengobati penyakit sinusitis kedua setelah menemukan pemicu utamanya adalah dengan berkonsultasi ke dokter spesialis THT untuk mulai pengobatan penyakit sinusitis. Ada beberapa jenis pengobatan yang dapat Anda lakukan dan pengobatan ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan antibiotika yang berfungsi untuk membantu mengatasi sinusitis yang disebabkan oleh infeksi kuman, konsumsi obat antiobiotika ini dosisnya akan disesuaikan dengan jenis bakteri penyebab infeksi, karena setidaknya ada lima bakteri yang bisa mengakibatkan infeki pada rongga sinus, diantaranya ada Staphylococcus aureus, Haemophilus influenzae dan Streptococcus pneumonia, Moraxella catarrhalis serta Streptococcus pyogenes.

Cara Alami Mengobati Sinusitis Secara Tradisional

Gunakan dekongestan

Cara alami mengobati sinusitis bisa dilakukan dengan menggunakan dekongestan, obat yang satu ini tersedia dalam dua macam, ada obat tetes ada juga obat semprot serta obat topical. Dan jika Anda mengalami kesulitan untuk mengeluarkan lendir yang ada di hidung, dan saat itulah Anda membutuhkan obat-obatan mukolitik, contohnya bromhexine, namun sebelum mengkonsumsi obat-obatan tersebut, pastikan terlebih dahulu jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan ini.

Proses drainase

Cara mengobati sinusitis secara tradisional biasanya dilakukan dengan menggunkan bahan alami dan ada kalanya bahan alami ini juga harus diimabgni dengan melakukan proses drainase yang bertujuan untuk membantu mengeluarkan lendir yang ada banyak di dalam rongga sinus, sedangkan untuk mereka yang menderita alergi, mereka membutuhkan antihistamin.

Banyak orang yang pergi setiap harinya ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan pengobatan atau sekedar konsultasi, termasuk konsultasi kesehatan di THT untuk mengobati sinusitis. Mengobati sinusitis itu bisa dilakukan dengan banyak cara, ada cara alami yang menggunakan bahan alami maupun cara modern, semuanya bertujuan untuk membantu mempercepat proses pengobatan sinusitis, dan semua tips di atas akan membantu mengobati sinusitis Anda dengan atau tanpa obat-obatan, karena hal utama yang harus Anda lakukan sebelum berobat adalah mengetahui dengan baik apa penyakit yang sedang Anda alami.

Semoga cara mengobati sinusitis di atas dapat membantu mempercepat proses pengobatan penyakit sinusitis yang saat ini sedang Anda alami yang tentunya sangat mengganggu keseharian Anda, selamat mencoba dan semoga sembuh.

Related to: 4 Cara Mengobati Penyakit Sinusitis Secara Alami Tradisional